Hotel di Blitar yang Dekat dengan Obyek Wisata Sejarah

Terletak di bagian selatan Provinsi Jawa Timur, Blitar dapat ditempuh kira-kira dua jam perjalanan dari Surabaya. Sebagai salah satu daerah Indonesia yang paling menjunjung kemerdekaan ketika zaman penjajahan, Blitar banyak meninggalkan jejak perjuangan para pahlawan. Bisa dibuktikan dengan sebutan lain dari Blitar, yaitu kota plokamator, kota patria, atau kota Peta (Pembela Tanah Air).

Banyaknya tempat wisata sejarah di Blitar yang wajib dikunjungi, mengharuskan Anda menetap lebih dari sehari. Jangan khawatir bila Anda tidak memiliki sanak saudara atau teman, karena telah banyak tersedia hotel dan penginapan di Blitar yang jarak tempuhnya dekat dengan tempat wisata sejarah, memudahkan Anda untuk mengakses tempat tersebut tanpa harus menghabiskan waktu dalam perjalanan.

Berikut hotel di Blitar yang dekat dengan wisata sejarah.

Patria Garden Hotel

Salah satu tempat yang wajib Anda datangi ketika mengunjungi kota Blitar adalah makam presiden pertama Indonesia yaitu Soekarno. Berjarak sekitar 10 menit berjalan kaki dari Patria Garden Hotel, Anda bisa mengunjungi makan Soekarno yang kental dengan arsitektur Jawa. Ciri khas dari makam ini juga terlihat dari adanya joglo yang menghalau panas dan hujan langsung mengenai makam.

Komplek Makam Soekarno di Blitar bukan hanya terdapat makam sang prokalamor saja, namun juga tersedia perpustakaan dan galeri foto Bung Karno semasa beliau hidup. Letaknya yang dekat dengan Patria Garden Hotel memudahkan Anda untuk mengaksesnya tanpa perlu lagi mengeluarkan biaya transportasi.

source: www.museum Indonesia.com
Letak hotel yang hanya berkisar 120 menit dari bandara, dekat denga wisata sejarah, dan berada di pusat kota menjadikan menjadikan Patria Garden Hotel  sebagai pengianapan terstrategis yang bisa Anda jadikan tempat beristirahat selama di Blitar. Fasilitas yang disediakan lengkap dan tarif hotel yang terjangkau, dijamin, bikin Anda ketagihan main di Blitar

Patria Plaza Hotel

Terletak di Jln. Sultan Agung No 69 Kota Blitar, rumah Soekarno kecil  ini menjadi salah satu destinasi wisata wajib bila Anda mengunjungi Blitar. Rumah yang disebut juga Istana Gebang ini menjadi tempat Soekarno menghabiskan masa kecilnya. Bangunan dengan luas 1,5 hektar ini masih dilengkapi dengan perabotan –perabotan rumah dan kendaraan roda empat yang asli.

source: id.wikipedia.org
Walau sudah tua, bangunan ini masih dijaga dengan baik. Dengan luas lahan sekitar dua hektar Istana Gebang menjadi salah satu tempat favorit anak sekolah untuk study tour, adanya petugas istana yang menjelaskan tiap detail bangunan, memberikan pemahaman lebih tentang rumah yang ditinggali Soekarno di masa muda.

Jika Anda ingin mencari hotel di Blitar yang dekat dengan Istana Gebang, Patria Plaza Hotel adalah   jawaban terbaiknya. Terletak di Jln. Kartini No 10, Blitar, Anda bisa menikmati hotel dengan harga terjangkau dan strategis. Selain dekat dengan Istana Gebang, Patria Plaza hotel juga dekat dengan stasiun kereta Biltar dan makam Soekarno.

Hotel Tugu Blitar

Selain peninggalan dari zaman penjajahan, Blitar juga memiliki peninggalan dari zaman kerajaan, yaitu Candi Penataran atau Candi Pantaran. Candi Penataran diperkiraan dibangun sekitar tahun 1200 oleh kerajaan Kadiri. Candi yang bersifat keagamaan Hindu ini adalah Candi yang terluas di Jawa Timur.

source: www.nnoart.com

Terletak di Desa Penataran, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar, Candi Pentaran sangat cocok menjadi objek Wisata sekaligus belajar sejarah. Keindahan Candi bisa dilihat dari berbagai macam bentuk patung dan ukiran-ukiran yang penuh makna dan cerita, membuat Anda yang   mengunjungi tak akan bosan.

Setelah lelah berjalan-jalan di komplek Candi Penataran, pastinya Anda membutuhkan tempat beristirahat atau bahkan menginap. Jika Anda ingin mencari hotel terdekat di sekitar Candi Penataran, Hotel Tugu Blitar adalah hotel yang paling mudah aksesnya. Anda hanya membutuhkan 20 menit berkendara dari Candi Penataran atau 10 km ke hotel ini.

Hotel Tugu Blitar menawarkan akomodasi yang nyaman dan terjangkau. Dengan konsep klasik-Jawa, hotel ini masih mempertahankan bentuk bangunannya sejak tahun 1850. Fasilitasnya pun sangat lengkap untuk memanjakan Anda dan keluarga Anda bila berwisata ke kota bersejarah Blitar.

Mau wisata sambil belajar sejarah? Ke Blitar saja!

1 comment:

  1. Ngomong-ngomong soal Blitar jadi keinget jaman kecil dulu sering dinyanyiin simbah langgam Jawa "Blitar kutha cilik sing kawentar" hehehe. Trus punya cita-cita buat wisata sejarah ke Blitar tapi sampai sekarang belum terealisasi. Makasih referensi hotelny Mba, semoga berguna buat saya di kemudian hari kalau jadi ke Blitar :D

    ReplyDelete

Thank you for reading. What do you think about the article above?