Traveling Ala Keluarga Nusantara

Thursday, January 21, 2016

Setiap manusia yang menghirup udara di bumi, pasti memiliki mimpi. Terwujud atau tidak, setidaknya ia pasti berusaha merealisasikannya. Pun aku. Awal 2015, aku bergabung ke sebuah komunitas cyber bernama Blogger Energy (BE). Di dalam komunitas tersebut, aku bertemu (via online tentunya) dengan banyak anak muda Indonesia dari berbagai daerah. Kebetulan aku tinggal di provinsi Jawa Timur, salah satu regional yang membernya paling sering mengadakan kopi darat. Beberapa kali aku mengamati ada keinginan dari member lain untuk dapat juga bersua dengan kawannya di tanah kepulauan yang berbeda. Terinspirasi dari hal tersebut, aku ingin sekali menciptakan akses untuk teman-teman dapat berjumpa satu dengan yang lain secara langsung, bukan hanya melalui dunia maya. Keinginan ini semakin menjadi ketika ada beberapa hal lain yang mengganggu pikiranku.

Satu, sepuluh hingga dua puluh tahun lagi, pemimpin negeri ini bukanlah orang yang sama. Bisa jadi salah satu dari teman-temanku lah pemimpin masa depan negeri ini. Pun pendidik, pengusaha, profesional, pasti salah satu di antara mereka. Maka apa jadinya jika generasi bangsa ini tidak mengenal seluk beluk nusantara? Jika mereka mendapat tugas ke luar negeri lalu dituntut menjelaskan kearifan lokal di daerah Aceh sementara ia tumbuh dan besar di Jawa, tidak pernah berkunjung ke pulau lain, apakah bisa dijamin yang dikatakan olehnya adalah murni fakta? Aduhai, aku pun malu mengaku orang Indonesia jika tak kenal negeriku sendiri.

Dua, berkaca dari laporan Ekspedisi Indonesia Biru mengenai permasalahan tanah ulayat di Papua, sungguh sedih, hutan yang luasnya ribuan hektar sebagian harus dimusnahkan atas nama ketahanan pangan Indonesia beberapa tahun lagi. Mereka yang turun temurun mewarisi kemampuan hidup bersanding secara harmonis dengan alam justru menjadi korban keserakahan manusia sehingga kehilangan hutan, satwa, air bersih, dan sebagainya. Peristiwa ini membuatku yakin bahwa generasi muda wajib traveling ke berbagai penjuru nusantara. Diharapkan, dengan mengenal seluk beluk negeri ini, memahami kearifan lokal di berbagai daerah, maka suatu saat nanti jika mereka harus membuat keputusan dan kebijakan, mereka mampu melakukan yang terbaik untuk bangsanya.

Impian inilah salah satu alasan yang mendorongku mengikuti program RK Mentee, meskipun akhirnya aku tidak lolos tahap 4, aku masih diliputi rasa penasaran. Bisa tidak ya impian ini terlampaui? Aku akhirnya menyampaikan hal ini ke salah satu ranger yang bertahan merawat Blogger Energy. Ya, Si Ranger Biru. Bapak guru yang akrab di sapa Edotz itu. Dia menyarankanku menulis impian ini untuk dibaca teman-teman.

Ideku sederhana. Website Blogger Energy akan ditambah fasilitas semacam website couchsurfing (sebagai referensi), bedanya, jika couchsurfing digunakan untuk traveling ke berbagai negara, maka kita akan membuat akses sejenis khusus untuk generasi muda Indonesia keliling nusantara. Intinya kita bisa melakukan solo travel tanpa khawatir mengeluarkan dana untuk penginapan. Karena kita akan belajar kearifan lokal, tentu kita akan tinggal di rumah teman blogger kita. Hemat biaya dengan dampak 'WAH'.

Melalui tulisan ini, aku meminta saran, kritik, atau dukungan teman-teman pemuda Indonesia khususnya member komunitas Blogger Energy untuk merealisasikannya. Ini bukan untuk diriku sendiri, ini untuk Indonesia. Untuk negara kita. Jika aku tak mampu merealisasikan, maka dengan sangat terbuka aku persilahkan teman-teman yang mampu dan sama-sama optimis bahwa ini berdampak baik untuk masa depan. Silahkan berkomentar, keluarga uneg-uneg teman-teman di sini. Jika ingin private, bisa kirim email ke jiayuuki@gmail.com atau bagi member BE bisa kita diskusikan di grup.

Salam :)

You Might Also Like

9 komentar

  1. bingung ini mau komen apa, tapi idenya bagus nih, buat lebih mengenal indonesia dimulai dari daerah temen-temen blogger lain. Semoga terealisasi

    ReplyDelete
  2. Halo mbak, saya anggota muda baru di BE nih. Salam kenal ya.
    Mungkin dari tulisan mbak ini yang saya tangkap adalah urgensi sebuah komunitas, di mana laiknya sebuah komunitas besar kurang afdhol rasanya kalau belum mengenal sesamanya. Karena dari perkenalan itulah tolong menolong akan semakin terasa.

    Ide sederhana yang luar biasa, Mbak. Boleh tuh diwujudkan sebagai salah satu bentuk upaya memudahkan para solo traveler. Toh, niatnya bagus kan ya untuk bsia mengenal arifnya bangsa sendiri. Siapa tahu, esok atau lusa salah satu dari member BE ada yang bisa melancong ke luar negeri memperkenalkan adat dan budaya atau seperti yang mbak bilang menjadi generasi penerus yang memimpin bangsa.

    ReplyDelete
  3. Salut sama idenya. simple tapi bisa sangat bermanfaat kalo terealisasi. Oh iya saya anggota paling muda di BE.. ehem. Hubungan pertemanan di BE emang harus dibangun kuat biar kalo traveling ke kota ini itu siapa tau ketemu member BE dan dibantu. :D

    ReplyDelete
  4. oh jadi intinya pingin semua orang Indonesia tau budaya di daerah lain gitu ya mbak? tapi kalo kayak gini sih, tinggal buka googole, browsing, dapet deh info info pentinya haha tapi kalo browsing di google kan gak dapet sensasi pengalaman tinggal di daerah yang bersangkutan. Jadi nice idea mbak

    ReplyDelete
  5. Yang aku tangkep nih. Di web BE bakal nyediain info tempat-tempat homestay di berbagai daerah, dimana tempat homsteynya itu adalah rumah-rumah dari member BE.

    Ide yang bagus banget. Dan keren banget kalo bener terealisasikan. Selain lebih murah dalam hal traveling, kita juga punya guide gratis, hehehe. Dan punya temen buat jelajahin daerah tersebut.

    ReplyDelete
  6. KEREN. ASLI.
    idenya menarik men, grup blogger mana lagi yang puny aide begini? atau emang udah ada yang punya ya... :")
    lumayan men, nginep gratis. jalan-jalan tanpa perlu memikirkan ongkos penginapan dan juga bisa menambah keakraban sesama member

    ReplyDelete
  7. saya juga ingin sekali lebih mengenal teman2 BE, bertemu langsung dan mengobrol. tapi saya selalu tertinggal info jika ada kopdar hehe jadi belum kesampaian.
    akan lebih menarik jika ada homestay dan bisa travelling brg mengenal budaya lokal. gak sabar nunggu impian ini terwujud :)

    ReplyDelete
  8. keren idenya, semoga bisa terealisasi. Aamiin...
    Pengen banget ketemu orang hebat di luar sana. keren!

    ReplyDelete
  9. bagus idenya mbak, berarti kalau jalan-jalan bisa nginep di rumah member BE yang ada di daerahnya sendiri. Nginep gratis, makan gratis, sama jalan-jalan gratis, hehe.. Alhamdulillah. Kalau idenya terealisasi, sepertinya akan menjadi pengalaman tak terlupakan. Satu kuncinya, rasa saling percaya :)

    ReplyDelete

Thank you for reading. What do you think about the article above?

Forum Lingkar Pena Sidoarjo

Friends

Community