RK Mentee: Perubahan Dimulai dari Sekarang

 بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ
Image Source: www.instagram.com
Seperti matahari yang dalam 24 jam mengalami perubahan kenampakan dari bumi, mulai dari fajar, senja, hingga malam tiba. Begitupun kehidupan manusia, mulai dari era manusia purba hingga era serba digital saat ini. Semua yang berada dalam gugusan semesta pasti mengalami perubahan.

Di salah satu sudut Kota Bekasi, terdapat sebuah tempat bernama Rumah Perubahan. Rumah Perubahan merupakan sebuah social enterprise yang diinisiasi oleh Prof. Rhenald Kasali, PhD, guru besar FE UI. Di tempat ini, pihak Rumah Perubahan menyediakan fasilitas training, seminar, outbound & workshop mengenai change management serta berbagai program lainnya, salah satunya yaitu RK Mentee (mentee; a person who is advised, trained, or counseled by a mentor).

Tahun 2016 adalah tahun ketiga dari program RK Mentee (Rhenald Kasali Mentee), namun tahun ini adalah pertama kalinya dilakukan perekrutan dari seluruh wilayah Indonesia. Syaratnya yakni lulus D3/S1 semua jurusan. Dari lebih kurang 600 pendaftar, terpilih 40 orang peserta yang mendapat pelatihan RK Mentee selama enam hari di Rumah Perubahan.

Build Networking

Lima hingga sepuluh tahun lagi, generasi muda akan terjun ke berbagai bidang di negeri ini, menjadi pemimpin, menjadi pendidik, menjadi pengusaha, menjadi profesional yang berperan penting untuk bangsa. Inilah salah satu alasan program RK Mentee diadakan oleh Rumah Perubahan. Sangat penting membangun jaringan antarpemuda di seluruh Indonesia demi tercapainya perubahan negara ke arah yang lebih baik, karena perubahan tidak akan terjadi tanpa kolaborasi.

Mental dan Self Discipline

Untuk menciptakan perubahan yang besar, tentu dimulai dari perubahan-perubahan kecil. Apa itu? Self. Diri masing-masing. Dalam pelatihan RK Mentee, seluruh peserta ditempa mental dan kedisiplinannya. Seluruh agenda harus diikuti dengan tepat waktu, tidak ada yang boleh terlambat atau poin akan dikurangi. Peserta dilatih untuk menyederhanakan segala sesuatu. Menjadi pribadi yang simple. Simplicity bukan berarti buru-buru atau cepat, melainkan tepat dan cerdas. Meninggalkan hal-hal yang tidak perlu dan fokus pada tujuan dengan gaya hidup sederhana.

Berbagi Insiprasi dan Pengetahuan

Program RK Mentee mempertemukan banyak pemuda-pemudi dari seluruh Indonesia, ada yang dari Aceh, Makassar, Flores, dan berbagai kota lain. Pun di Rumah Perubahan, seluruh peserta RK Mentee dapat bertemu dengan tokoh-tokoh besar Indonesia yang telah melakukan perubahan baik mulai dari skala sedang hingga besar. Seperti Ivan Ahda, Alfatih Timur, Dahlan Iskan, R.J. Lino, Masril Koto, Dadang Kadarusman, Jenderal TNI (Purn) Dr. Moeldoko, Komarudin Hidayat, Najwa Sihab, Pandji Pragiwaksono, dan masih banyak lagi. Bertemu dengan orang-orang dari segala penjuru nusantara dengan latar belakang yang berbeda tentu menambah wawasan untuk mengembangkan diri menjadi pribadi yang lebih baik.

Teamwork dan Toleransi

Salah satu tantangan yang diberikan oleh Rumah Perubahan kepada RK Mentee adalah urband outbond. Seluruh peserta dibagi menjadi beberapa kelompok dan harus menyelesaikan berbagai tantangan yang diberikan oleh trainer. Dengan modal seadanya, sekitar sepuluh orang per grup harus mendatangi beberapa lokasi di Jakarta dan harus kembali ke Bekasi dalam waktu yang telah ditentukan. Dalam tantangan urband outbond, peserta belajar mengenai kerjasama, mereka dipaksa mengendalikan ego masing-masing demi tercapainya tujuan tim. Disini sikap toleransi sangat diuji, bagaimana kita menghormati orang lain yang berbeda budaya dan agama.

#WeChange dan Generasi Anti Wacana

Setiap pagi selama pelatihan, dilakukan kegiatan perenungan, seluruh peserta diajak merenungi siapa dan bagaimana diri masing-masing, apakah telah berubah menjadi pribadi yang lebih baik atau belum. Selain dilatih untuk menjadi pribadi yang lebih baik dari segi mental dan pengetahuan, seluruh peserta juga dibekali dengan sebuah prinsip agar tidak menjadi generasi wacana. Sudah bukan saatnya pemuda hanya berani berdiri dan berteriak di depan pagar gedung-gedung penting milik negara. Kini saatnya setiap pemuda berani berteriak dengan karya, menjadi change leader di bidang masing-masing.

Insya Allah tahun 2017 akan diadakan lagi program RK Mentee. Kalian bisa mencari tahu gambaran program ini melalui twitter dan instagram menggunakan tagar #RKMentee. Jadi, sudah siap kah kamu menjadi The Next RK Mentee?

---
Dari 40 peserta, dipilih 6 orang yang akan menjadi mentee Prof. Rhenald selama dua tahun. Selamat kepada saudariku Hestia, saudaraku Didi, Enje, Yudi, Fajar, dan Yogi. Doa terbaik untuk kalian. :)

2 comments:

Thank you for reading. What do you think about the article above?