Lagi Ngapain?

Seorang jomblo sedang duduk manis sendirian di teras kelas, tak lama kemudian datang someone special seraya bertanya, "Kamu lagi ngapain?" Sudah bisa dipastikan, pipi si jomblo akan berubah kemerahan dan hatinya berkata, Ya Tuhaaaan... dia nyamperin!

DUKKK!
Tiba-tiba si jomblo kebentur tembok. "Aaaa~ Cuma mimpi?!"

Baiklah, cukup, aku gak lihai bikin intro. Aku yakin banyak di antara kita yang sering ngucapin kalimat "kamu lagi ngapain?" ke orang lain. Entah itu ke sahabat, teman, atau mungkin ke maling? haha, pokonya pasti sering lah yaaa *maksa.

Hei, hei, pernah nggak sih kita menggunakan pertanyaan itu untuk diri kita sendiri? Semisal nih, misalkan loh yaaa.. misal. Dari jam 9 malam sampai jam 9 pagi, selama 12 jam itu aku cuma guling-guling doang di kasur, nggak bangun-bangun, padahal mata udah melek sejak jam 4 pagi, lalu aku bertanya pada diriku sendiri, Kamu lagi ngapain, zi? Duh, daritadi kamu itu kok cuma malas-malasan sih? Ayo dong lekas bangun! Atau, seusai shalat maghrib, bukannya belajar malah main gadget sampai jam 11 malam! Zi, lagi ngapain? facebookan? twitteran? wasap-an? Ya Allah... bagaimana kalau tiba-tiba malaikat Izrail datang saat daku lagi ketawa ngakak baca postingan? Sudah shalat isya' apa belum? Lekas ambil wudhu!

Pernah nggak sih ngebayangin hal kayak gitu? Serem kan? Pastinya kita nggak mau kan meninggal dalam keadaan lalai? naudzubillah.. Karena kita memang tidak pernah tahu kapan kita akan mati--pergi meninggalkan dunia fana ini untuk selamanya. Bisa jadi saat kita mencapai usia 62 tahun, atau mungkin saat usia 22 tahun? Who knows?

Tiap-tiap umat mempunyai batas waktu, maka apabila telah datang waktunya mereka tidak dapat mengundurkannya barang sesaatpun dan tidak dapat (pula) memajukannya. (QS. Al-A'raf:34)

Menjalani hidup ini memang sebaiknya seimbang antara hal duniawi dan yang bersifat akhirat. Sibuk ngerjain tugas sampai lupa shalat, sibuk ngumpulin rupiah malah lupa zakat dan sedekah. Sibuk main gadget lupa bantuin Ibu bersihin rumah, dan lain-lain, dan lain-lain. Seringkali kita sadar, tapi masih saja lalai. Astaghfirullah, keasyikan nonton tivi, nonton ke bioskop, malah dengan entengnya nunda-nunda sholat ashar hingga kelupaan sampai masuk waktu shalat maghrib. Risau nggak sih hati kita saat lalai?

"Maka apabila kamu telah menyelesaikan shalat(mu), ingatlah Allah di waktu berdiri, di waktu duduk, dan di waktu berbaring. Kemudian apabila kamu telah merasa aman, maka dirikanlah shalat itu (sebagaimana biasa). Sesungguhnya shalat itu adalah fardhu yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman." (QS. An-Nisa':103)

Dan sebutlah (nama) Tuhanmu dalam hatimu dengan merendahkan diri dan rasa takut, dan dengan tidak mengeraskan suara, di waktu pagi dan petang, dan janganlah kamu termasuk orang-orang yang lalai. (Al-A'raf:205)

Itulah kenapa kebermanfaatan penting sekali. Sebisa mungkin, hal-hal yang kita kerjaan harus mengandung kebaikan dan manfaat, khususnya manfaat untuk diri kita sendiri, syukur-syukur bisa manfaat untuk orang lain. Kalau lelah bekerja, lelah belajar, bolehlah istirahat sejenak agar tak jenuh dan kondisi tubuh tetap fit, namun jangan sampai berlebihan hingga akhirnya kita lalai mengerjakan kewajiban kita yang lain.

Maka Apabila kamu telah selesai (dari suatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain. (QS. Al-Insyirah:7)

Kan keren tuh semisal malaikat Izrail jemput kita, hei, lagi ngapain?

Lagi murajaah Surah As-Saff...

Lagi shalat shubuh jamaah di mushola...

Lagi ngupas bawang, bantuin mamak di dapur...

Lagi nulis blog nih, materi pelajaran di sekolah tadi, lumayan sambil belajar...

Lagi motoran, on the way kampus sambil dzikir...

Lagi makan malam, hasil kerja halal seharian...

Hm, coba baca ulang paragraf pertama. Bayangkan someone special itu adalah malaikat Izrail. Pipi kita kemerahan saking bahagianya karena waktu istirahat segera tiba, istirahat dari hiruk pikuk dunia fana.

Wassalam.

12 comments:

  1. Prolognya, wkwk, ternyata cuman mimpi~

    Lagi ngapain ?

    ReplyDelete
  2. klo gw membayangkan bakal ada percakapannya bakal gini
    Izrail : lagi ngapain?
    gw : lagi nunggu situ
    Buat gw, mengingat kematian merupakan tindakan pencegahan dini, ketika kita mau melakukan sesuatu, gw jadi inget suatu kalimat "Bekerjalah kamu seolah-olah kamu hidup seribu tahun lagi, beribadahlah kamu seolah kamu mati esok."

    ReplyDelete
  3. "Ya Allah... bagaimana kalau tiba-tiba malaikat Izrail datang saat daku lagi ketawa ngakak baca postingan?"

    Sumpah, di titik ini, sebenernya mau ketawa ngakak. Tapi, karena baca ulang jadi takut ketawa ngakak. Kalo misalnya beneran malaikat Izrail dateng.... duh takut ah

    ReplyDelete
  4. Kalo kak Zia nanyain aku lagi ngapain, aku jawabnya lagi blogwalking ke sini.

    Awalnya seru sih tapi akhirnya kok gitu banget ya, ngeri deh kalo ngomongin kematian. Awalnya mau ngetik sesuatu tapi ini lagi Maghrib dan omongan itu adalah doa akhirnya gak jadi deh.

    Yang pasti aku belum siap untuk istirahat sekarang.

    ReplyDelete
  5. Hem...gue kok awalnya sedikit linglung, ya. Soalnya gue kira ini becandaan. Ya Allah, Malaikan Izrail jemput gitu dibuat becandaan. Jujur, gue antara pengen senyum atau ketakutan.

    Materinya ngeri banget. Tapi, yang jelas kematian akan selalu mengajarkan bahwa betapa berharganya hidup ini jika kita bisa menjadi manusia yg bersyukur atas nikmat-Nya.

    ReplyDelete
  6. saya kok jadi merasa tkut sendiri ya sejak baca ini pas nyebut malaikat izrail

    sadr sih, pernah mikir gitu
    pas mikir. badanku jadi gemeteran. takut dan lainnya

    ReplyDelete
  7. lagi ngapain? sekarang lgi ngejomblo nih.. :D
    skrng udah sadar dosa jadi ya memperbaiki diri.

    ReplyDelete
  8. Pertanyaan retoris yg menampar kelalaian setiap orang... termasuk saya...

    Ngena bgeet tulisannya...

    ReplyDelete
  9. Serem banget kalo lagi asik-asik ngeblog terus tiba-tiba di belakang ada yang nyolek nanya "lagi ngapain bro?", pas nengok eh kang bakso yang kemaren belum dibayar. Itu aja udah serem apalagi yang nanya malaikat izrail. :(

    Jadi ngingetin kalo sholat masih bolong-bolong, kadang malah asik friendsteran, padahal udah azan. :(

    ReplyDelete
  10. Hm.... jadi ngebayangin, pas habis ngelakuin hal yang kurang bermanfaat, udah lupa sholat dzuhur, sekarang udah ashar, masih Aja lalai lalaian.

    Pas lagi asyik-asyiknya, tetiba ada yang nyantol, "Lagi ngapain?"

    "Lagi..."

    BRUG! Dalam keadaan berdosa, tubuh kita ambruk, roh dibawa ke alam lain, dan dengan ending mengerikan, tak sempat membawa bekal.

    Naudzubillah.

    Semoga kita semua mendapatkan Akhir Khusnul Khotimah. Aamiin

    ReplyDelete
  11. eh ini gimana?

    malaikat irail? lagi ngeblog tiba-tiba ada malaikat izrail?

    :((((

    serem gitu yah.. tapi kalau mau malaikatnya diajak ngeblog dulu hehehe

    mungkin kewajiban seorang muslim memang harus diutamakan dari kepentingan apapun (duniawi). gue sendiri suka telat kalau solat, hehe ya gitu nanti-nanti-nanti sampe mau abis waktunya

    ReplyDelete

Thank you for reading. What do you think about the article above?