Persiapan Sebelum Internship (Magang)

Thursday, June 18, 2015

Assalamu'alaikum :)

Wah, hampir empat minggu aku nggak update blog. Parah niaaaan~ hihi. Padahal banyak banget hal yang seharusnya bisa ku share selama bulan Mei hingga Juni ini. Tapi yaudah sih ya, di-skip aja. Kali ini aku mau share ke teman-teman tentang tips magang. Apa saja yang harus disiapkan untuk menemukan tempat magang yang tepat dan sesuai dengan apa yang kita butuhkan. Tips ini lebih mengarah untuk mereka--mahasiswa periklanan--yang ingin magang di creative agency. Tapi ada beberapa poin yang menurutku bisa diterapkan untuk teman-teman lain yang ingin magang di perusahaan impiannya.

Yakin, Itu Passionmu?

Sebelum kita apply internship alias magang, kita cari tahu dulu profesi apa yang paling sesuai dengan diri kita. Tanya ke diri sendiri, apa kemampuan yang paling menonjol yang kita miliki? Modal apa saja yang dibutuhkan untuk profesi tersebut?

Contohnya nih, sebelum aku magang pertengahan tahun lalu, aku tanya ke diriku sendiri, "Zi, lo bisa apa? Modal apa yang lo sudah punya? Kalau magang Art Director, lo nggak lihai software selain software A dan B, ilmu tentang desain juga pas-pasan (secara lo kuliah ilkom, bukan dkv). Sementara hal yang sudah lo miliki dan nggak perlu modal software adalah jadi tukang nulis. Sejak SD kan lo hobi nulis noh.. meski tulisan lo nggak bagus-bagus amat seenggaknya sudah punya modal dikit. Otak lo yang doyan berimajinasi kan juga modal. Lo juga nggak perlu pake software selain Ms.Word. HAHAHA" Done! Akhirnya aku pilih magang jadi Copywriter.

Yuk, Cari Referensi

Kalau mau ngerjain tugas paper, kita pasti butuh referensi kan? Sama, mau magang juga butuh referensi. Tanya ke dosen kita, "Pak, perusahaan apa yang menurut bapak cocok buat magang, sehingga kita bisa belajar banyak dari perusahaan tersebut?" Kalau tanya, cari dosen yang tepat yaa.. Misalnya dosen praktisi di kampus.

Dulu, aku tanya ke dosen praktisiku, "Pak, kalau di Surabaya, agensi mana saja yang menurut bapak bisa jadi tempat magang yang tepat?" Akhirnya beliau jabarin tuh agensi mana saja yang ada di Surabaya. Tapi, nggak satupun direkomendasikan, malah nyebut agensi di Jogja. Huwalaa..

Kepoin Gebetan Perusahaan

Setelah mendapat list perusahaan yang tepat, kita harus mulai kepo-kepo, anggap aja kita ini seorang spy! huahaha. Cari tahu seluk beluk perusahaan sebisa kita ya. Kerahkan seluruh tenaga, bahkan jika perlu tugaskan bala tentara untuk membantu pengintaian. :p

Dengan bermodal internet, strategiku adalah mencari tahu perusahaan itu client-nya siapa aja? lokasinya di mana? orang-orang di baliknya siapa aja? yang pernah magang di sana siapa aja? pernah dapat award, nggak? gimana cara magang di sana? Biasanya, di website creative agency cuma nongolin client, lokasi, dan award. Tapi alhamdulillah, berkat kemampuanku untuk kepo-kepo hihi, aku berhasil menemukan orang yang pernah magang di perusahaan yang aku incar. Aku tanya-tanya ke dia dan dia memberiku sedikit tips (thanks ya mas bro, haha). FYI, aku juga berhasil menemukan blog yang ternyata penulisnya adalah bagian dari tim kreatif, nggak nyangka banget mah. Berawal dari baca blognya, aku bisa ketemu orangnya. Pas aku ceritain ke dia, dia ngerespon, "Iya tha, zi? haha kok iso yoo?" Wallahu'alam, mas. :p

Kece-in CV

Nah ini nih, pueeeenting. Dari sini mereka (perusahaan) akan tahu siapa kita, dari mana kita, apa saja pengalaman kita, dan lain sebagainya. So, bikin CV (Curriculum Vitae) yang kece ya! Jangan asal desain. Bikin yang simple tapi menarik, agar tulisan mudah dibaca dan informasinya cukup. Banyak kok referensinya di google, cari aja. Tapi jangan di-duplicate desainnya, kita bikin sendiri. Kalau nggak bisa desain gimana, dong? Boleh lah minta tolong teman, tapi ya minta diarahin, diajarin, bukan minta dibikinin. Bikin CV aja nggak mau nunjukin effort, gimana pas magang coba? :)

Senjata Portfolios

Kalau ingin menjadi bagian dari tim kreatif, ini nih hal yang super duper wajib dimiliki. Kumpulin semua portfolio yang pernah kita kerjakan. Kalau mau magang jadi Art Director, otomatis portfolio kita kudu didesain seCIAMIK mungkin. Nah, kalau magang Copywriter, yang penting adalah stock copywriting dan konsep kreatif yang pernah kita buat. Kalau mau didesain boleh juga sih, tapi simple aja, yang penting copywritingnya. Sebenarnya nggak semua magang butuh portfolio, CV aja cukup, kan tergantung kita mau magang apa. Tapi kalau di creative agency dan masuk ke tim kreatif, tentu portfolio adalah wajib untuk disertakan.

PDKT

Setelah menyiapkan CV dan Portfolios, lakukan PDKT alias pendekatan. Kontak ke perusahaan baik via email maupun telpon. Lalu kirim CV & Portfolios terbaik kita. :)

Minta Restu dan Berdo'a

Nggak bisa disangkal, peran restu kedua orang tua khususnya Ibu bisa jadi kunci kita dipermudah mendapat tempat magang terbaik, yang sesuai dengan apa yang kita butuhkan untuk berkembang. Jangan lupa berdo'a, bukankah Tuhan Maha Pengabul Do'a? Jadi minta aja apapun yang kita impikan, jika tak terwujud, artinya Tuhan sudah menyiapkan hal lain yang kita butuhkan, bukan sekedar kita inginkan. :)

Demikian tips yang bisa aku bagi, semoga bermanfaat ya. Good Luck!!

You Might Also Like

1 komentar

  1. harus dipersiapkan mental juga...
    Please visit for Humanity #LetsHelpRohingya

    ReplyDelete

Thank you for reading. What do you think about the article above?

Facebook

Friends

Community