Menikmati Waktu

Sunday, March 01, 2015

Niatnya mau posting untuk lomba, tapi kok kayaknya lebih seru (bagiku) kalau aku menulis cerita tentang magang beberapa bulan yang lalu. Rindu masa-masa itu. Betapa Allah Maha Baik, aku yang culun ini, yang sering ngeyel, diarahkan Allah untuk magang di tempat terbaik. Ya, terbaik untukku saat itu.

Nengok TV di ruang tengah yang penontonnya (Ibu) malah tertidur, walhasil aku ganti channel barangkali ada program yang apik, kalau gak ada ya tak matikan wae, lanjut nulis blog. Eh, lha kok ada film Battleship di GlobalTV.

http://www.artofvfx.com/BATTLESHIP/BATTLESHIP_VFX_03.jpg

Duh, paling gak bisa nahan nonton film yang ada makhluk asingnya (aliens), apalagi tuh aliens ngajak perang para tentara Amerika yang dibantu Nagata, seorang tentara Jepang. Alamaaak nunda nulis dah, dan baru ku lanjut sore ini. Hehe. Lama nggak nonton tipi sih :3 #alesan.

Lanjut ke cerita magang yaa..

Nah, karena merasa kurang mendapat ilmu tentang copywriting dari kampus tempatku kuliah, aku putusin untuk cari tempat magang yang bisa bikin aku merasa tertantang. Kebetulan aku pernah ikut seminar kreatif di salah satu univ. swasta di Surabaya, pembicaranya ada dua orang, yaitu praktisi periklanan terkenal asal Yogyakarta yang branding perusahaanya berwarna orange (yang orang iklan pasti paham) dan seorang artis yang punya produk kaos super kreatif. Aku tertarik ikut seminar tersebut karena ada praktisi periklanan tadi, yang bukunya nggak sengaja ku beli dan sekarang terpampang rapi di meja belajarku, hehe. Sejak hadir di seminar itu, aku jadi pengen magang di perusahaan beliau, akhirnya aku beranikan diri mengontak twitter beliau untuk bertanya syarat magang.

Akhirnya aku prepare belajar copywriting dari internet, kebetulan dari dulu doyan banget blogwalking tapi jarang ninggalin comment. hehe, silent reader gitu deh (tapi sejak gabung di BE bulan lalu, aku jadi ninggalin sidik jari, eh, ninggalin comment maksudnya :p). Aku cari-cari blog copywriter barangkali ada secuil ilmu yang mereka bagikan di blognya. Ketemu dah satu blog yang polooooos banget desainnya. Tapi, jangan remehkan content-nya, pemikiran dan ide-ide kreatifnya itu bikin kagum. Apalagi banyak kisah lucu dan unik si penulis di sana. Di blog itu, dia (si penulis) terkesan sangat narsis dan rame orangnya, banyak foto-foto gokil di sana. Pas tak baca-baca lagi postingan yang lain, lhadalhaa.. lha kok ternyata dia itu copywriter dari agensi periklanan di Jogja milik pembicara seminar yang pernah kuikuti sebelumnya. Kok bisa, ya? Pas, deh. Sip. Btw, ingat iklan rokok yang tagline-nya 'buktikan merahmu!' ? Hm, dia itu yang bikin taglinenya. Sejak itu aku putuskan aku harus bertemu orang ini. Harus ! Entah bagaimana caranya, pokoknya aku harus berguru sama beliau.

Saat di kampus, dosen praktisi ngasih saran ke aku dan teman-teman untuk apply magang di Yogyakarta, tepatnya di Syafa'at Marcomm, bukan di perusahaan periklanan yang ku target (padahal sama-sama di Jogja ._.). Hmm.. aku tetep keukeuh di agensi yang ku target tadi. Iseng baca-baca lagi postingan copywriter yang ku ceritakan tadi, lha kok ternyata beliau sudah resign. Mampus! :( Dia resign karena pengen serius ngembangin usahanya. Setelah baca-baca lagi postingannya yang terbaru, aku nemuin cerita kalau sekarang dia udah kerja lagi di sebuah creative agency. Perusahaan itu bernama.... Syafa'at Marcomm!! Kok bisa, sih? :D Allah ini sengaja kayaknya, supaya aku nurutin saran dosenku, hehe. Akhirnya aku ganti haluan :p Entah kenapa pengen banget berguru langsung sama beliau.

Aku ngontak customer sevice (cs) dan branch manager yang di Surabaya. CV dan portfolio sudah aku send ke email cs-nya, tapi belum juga ada tanggapan. Managernya aku telpon berkali-kali (sampai sungkan sendiri jadinya, kesannya ngebeeet banget, haha). Dan belum juga ada jawaban ._. Sebulan berlalu.. aku udah hopeless sama nih agensi, akhirnya aku cari alternatif sambil tetap berdoa ada keajaiban #halah.

Saat lagi asyik main komputer, ada sms masuk. Saat aku baca isinya... Ya Allah :D Gini isi sms-nya, masih belum ku hapus di ponsel, ahaha.

"Aslkm mbak Fauziah. Utk magang di bulan tsb bisa. Untuk selanjutnya bisa hub Pak Andika (08156xxxxxx) pimpinan kami. Oya, magangnya di Jogja ya."

Girangnya nggak ketulungaaaaaan. Aku langsung cerita ke Ibuku, secara, tanpa restu Ibu, hal ini bakalan sulit terealisasi, hehe. Setelah itu aku ngontak salah satu temanku yang juga apply magang di agensi tsb. Esoknya aku ngontak Pak Andika, pimpinan Syafa'at. Awal Agustus aku dan temanku tadi di suruh datang ke kantornya di Jogja untuk melakukan wawancara. Subhanallah.. Allah memang Maha Baik :)) Berdasarkan kesepakatan, aku mulai magang tanggal 1 September sampai 1 November (review magang hari pertama bisa di baca di sini).

Rasanya kayak mimpi, saat brainstorming bisa duduk sebelahan sama orang yang selama ini blognya aku baca. Rada beda dari ekspektasiku, memang orangnya rada narsis dan unik, tapi cukup kalem dan nggak rame seperti yang ku kira. Malahan yang rame tuh art directornya, tukang ngebully, tapi super kreatif dan ngangenin tuh bully-annya :p Oh iya, saat magang, semua di luar targetku, ternyata di perusahaan ini, beliau (penulis blog yang sering ku baca tulisannya) bukan copywriter, memang sih senior copy, tapi lebih ke strategic planner. Jadi selama magang aku nggak dibimbing beliau, tapi dibimbing Bison #ups. :p Maksudku Mas Wibi, iya, Wibisono #uhukk (ini nih orang yang selalu di-cie-cie-in ke aku ._. semua orang kantor pada kompak kalau ngebully, duh).

Memang, Allah selalu memberi apa yang kita butuh tepat pada waktunya. Allah nggak ngasih apa yang kita pengen, apalagi kalau kita pengennya mah buru-buru dan semaunya sendiri. Hehe. Nah, saat aku kelar magang, tepat di Jogja lagi ada festival periklanan. Duh, senengnyaaaa... meskipun nggak lolos kompetisi kategori ad student, tapi seneng aja gitu bisa melihat langsung wajah orang-orang kreatif seperti Pak Djito Kasilo, Pak Handoko, Pak Yoris Sebastian, Mas Eugene Panji (hm, thanks mas atas jawaban pertanyaan yang dulu ku lontarkan, sekarang batinku sudah nggak ngrundel lagi kalau bahas tentang shortfilm yang gagal ku buat :') ), Pak Saptuari, dan sebagainya. Btw, aku juga ketemu lagi sama pemilik agensi periklanan yang batal ku jadikan tempat magang (secara, beliau chairman di festival ini ><)

(Sani, Soraya, Pak Arif, Pak Saptuari, aku. Yang tangannya kayak Rose di Titanic itu Pak Andika, hehe)

Sudah empat bulan berlalu.. cerita magang yang nggak akan pernah ku lupa. Barangkali ini titik awal perjalananku meraih apa yang aku impikan. Target masa depan yang sudah ku tulis kemarin malam di saat jeda iklan film Battleship di TV. Aku harus bisa meraihnya. Aku harus lebih rajin lagi meski kadang malas melanda. Aku harus bisa melawan malas. Harus! Insha'Allah.. Nikmati saja perjalanan ini sambil terus berdoa dan ikhtiar.. Lawan kegalauan yang kadang menggoda untuk dipertimbangkan. Aku harus bisa fokus kali ini, harus tanggap dengan deadline, masa mudaku harus dimaksimalkan, untuk Ibu dan Bapak yang sudah susah payah membesarkanku.

ketika berpeluh
janganlah mengeluh
teruskan langkah kakimu


tak perlu ragu
yakin saja bahwa ini jalanmu
semua hanya masalah waktu


cerita ini seperti puzzle yang tak utuh
butuh doa dan ikhtiar agar sampai pada yang di tuju
ada Allah yang akan selalu membantu


hei, jangan lupa minta restu Ibu

You Might Also Like

3 komentar

  1. Bertemu dengan orang yang menjadi impian. Jelas seru, ya. Apalagi sampe bisa foto2 gitu.

    Tuhan emang punya caranya sendiri untuk membuat kita menjadi apapun. Termasuk kejadian yang tak terduga seperti.

    Selamat, ya. Semoga bisa jadi seperti yang diharapkan. :)

    ReplyDelete
  2. hahahah, sama aku juga suka silent reader.
    Mahasiswa yang kreatif punya inisiatif tinggi untuk mengembangkan ilmu. Selesai seminar langsung punya pikiran untuk ikut magang. Berarti hasil seminar mempengaruhi juga kan.
    Cuma yang bikin takjub, kok bisa kebetulan bisa ketemu orangnya. Kayak udah ditakdirkan. Ini berarti tanda kalau Allah emang maha besar kan.

    Sekarang harus lebih rajin dan fokus lagi, selesai magang harusnya nambah pengalaman dan ilmu lho..

    ReplyDelete
  3. Enak banget ya, bisa ketemu sama orang yang kita impikan. Rasanya gimana tuh? cerita dong!
    Semangat terus ya! Jangan males-males lagi! Semoga apa yang sudah dicita-citakan sekarang, bisa tercapai di masa depan nanti.

    ReplyDelete

Thank you for reading. What do you think about the article above?

Facebook

Friends

Community