Sudahkah Kau Perjuangkan?

Sunday, October 26, 2014

Pernah terbesit ingin menghafal Al-Qur'an?
Sudah dilakukan?
Apa?
Ada yang belum?
Sama. Aku juga belum hafal :'( aku juga masih berusaha dengan sering-sering membacanya. Minimal dalam sehari aku harus membacanya sekali, atau dua kali setelah subuh dan seusai isya', tapi kalau bisa tiap seusai shalat fardhu. Iya, Inshaa Allah, doain ya sobat. Bagi sobat yang masih sepertiku semoga juga dibantu Allah untuk istiqomah, aamiin. Dengan sering-sering membacanya, yakin Allah akan permudah kita untuk menghafalkan firman-Nya. Yakin Allah semakin kuatkan keinginan dan tekad kita untuk menghafal Al-Qur'an.

Aku pernah membaca suatu kalimat, entah aku lupa membacanya di mana, demikian bunyi kalimat tersebut tertulis: "Satu-satunya kesulitan di dalam menghafalkan Al-Qur'an adalah tidak adanya keinginan dan tekad yang kuat." Masyaa Allah :'( Sedih ya sobat, rasanya malu sama para penghafal yang usianya masih muda, jauh lebih muda daripada kita. Astaghfirullah, ampuni kami yang masih belum memperjuangkan dengan maksimal, Ya Allah.. bantu kami menghafal Al-Qur'an :'

Masa sih, sebagai umat Islam, kita lebih mudah menghafal lirik lagu J-pop, K-pop, Western, Lagu Indo, dsb., tapi malah melalaikan menghafal Al-Qur'an yang jelas-jelas manfaatnya besaaaaar sekali untuk diri kita dan orang tua kita. Allah :'( mohon ampuni kami. Kuatkan keinginan dan tekad kami untuk menghafalkan Al-Qur'an.


Allah berfirman dalam Surah Al-'Ankabut ayat 45, "Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al Kitab (Al Quran) dan dirikanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan- perbuatan) keji dan mungkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah (shalat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadat-ibadat yang lain). Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan."

dalam Surah Al-Ahzab ayat 34, "Dan ingatlah apa yang dibacakan di rumahmu dari ayat-ayat Allah dan hikmah (sunnah nabimu). Sesungguhnya Allah adalah Maha Lembut lagi Maha Mengetahui."

 dalam Surah Al-Faathir ayat 29, "Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan shalat dan menafkahkan sebahagian dari rezki yang Kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi."

Pun Rasulullah bersabda, "dari Abi Umamah ra, ia berkata, “Aku mendengar Rasulullah SAW berkata, “Bacalah Quran, sesungguhnya ia akan menjadi pemberi syafaat pada hari kiamat bagi para pembacanya (penghafal).”" (HR. Muslim).

"dari Buraidah Al Aslami ra, ia berkata bahwa ia mendengar Rasulullah Saw. bersabda “Siapa yang membaca Alquran, mempelajarinya dan mengamalkannya, maka dipakaikan mahkota dari cahaya pada hari kiamat, cahayanya seperti cahaya matahari, kedua orang tuanya dipakaikan dua jubah (kemuliaan), yang tidak pernah didapatkan di dunia, keduanya bertanya: mengapa kami dipakaikan jubah ini? Dijawab “Karena kalian berdua memerintahkan anak kalian untuk mempelajari Alquran”." (HR. Al Hakim).

Ya, setidaknya tiga ayat tadi sudah mewakili bahwa Allah memerintahkan kita untuk membaca Al-Qur'an dan memeliharanya. Pun hadits Rasulullah SAW mengenai keutamaan bagi para penghafal Al-Qur'an. Bayangkan jika kita mampu memberi hadiah terbaik kepada kedua orang tua kita berupa jubah kemuliaan di surga-Nya. Subhanallah, Maha Suci Allah. Maka, sudahkah kita memperjuangkannya? :' Mampukan kami, Allah. Mampukan kami, Allah. Aaamiin Allahumma Aaamiin.

You Might Also Like

0 komentar

Thank you for reading. What do you think about the article above?

Forum Lingkar Pena Sidoarjo

Friends

Community