Have a great day :)

Monday, September 01, 2014

Assalamu'alaikum :))

Hari ini hari pertama magang, Subhanallah.. Alhamdulillah..
Keinginan untuk menuntut ilmu di Jogja baru terlaksana saat magang di kota ini, tepatnya di Syafa'at Marcomm, sebuah perusahaan marketing komunikasi berbasis syariah. Berangkat magang pukul 8 lebih, karena kata Pak Andika - Pemimpin Syafaat - jam masuk adalah pukul 8.30 pagi. Pak Andika datang sekitar pukul 9, jadi aku dan temanku menunggu beberapa menit. Setelah beliau datang, kami disuruh masuk ruangan beliau, kemudian menyusul beberapa orang. Kami (aku dan temanku) memperkenalkan diri, lalu rapat dimulai.

Rapat?

Iya, hari pertama magang, kami sudah diajak serta untuk rapat, Subhanallah, baik sekali orang-orang di sini. Meskipun sempat dibully sama Mas Reiga --'. Pertama, Pak Andika membahas mengenai pemilihan nama brand (merek) suatu kerajinan tangan di Jogja. Nama-namanya sangat unik dan kreatif, sepertinya yang membuat adalah Mas Husni, karena beliau yang mempresentasikan nama-nama itu, atau mungkin dibantu Mas Wibi? entahlah. Mas Husni adalah Strategic Planner di Syafa'at (sebelumnya 6 tahun sebagai copywriter di Petakumpet), sedangkat Mas Wibi adalah Copywriter Syafa'at (Mas ini yang ditunjuk Pak Andika untuk membimbingku selama magang). Setelah beberapa menit berdiskusi, terpilihlah dua alternatif yang paling sesuai dengan target market. Dari sini, kita belajar, nama brand itu harus sesuai dengan brief agar bisa menjangkau target market kita

Kedua, Pak Andika membahas mengenai Phinastika Award. Tentang yang satu ini, aku kurang paham, yang aku tahu, para tim kreatif tersebut membahas mengenai desain dan konten web untuk Phinastika dua bulan lagi. Mas Reiga yang ngurus tentang ini, beliau adalah Art Director Syafa'at. Oh iya, tadi ada dua anak magang lain (cowo2) selain aku dan soraya temanku. Ada yang dari UNS, maaf aku lupa namanya hehe, sepertinya dia kalem sekali, tapi baik. Yang satu lagi dari Bandung, kalau tidak salah namanya Firdaus, kalau yang ini dia ramah, ngajak aku ngobrol-ngobrol gitu, sama semester 7. Sebenarnya tadi hari terakhir dia magang sih. Ntar tanggal 4 ada mahasiswa magang lagi.

Oke, rapat selesai, aku duduk di tempat Pak Kamno. Pak Kamno ini lucu dan baik, meskipun penglihatan beliau tidak sempurna, tapi aku senang dengan beliau. Beliau itu kece, hehe, sukanya pakai peci, terus ada kacamata hitam diatasnya. :D Beliau yang biasanya iqamah di musholla depan Syafa'at. Alhamdulillah, magang di sana bakal jamaah Dzuhur dan Ashar terus, Insya Allah. Tak lama setelah aku duduk di tempatku, Mas Wibi nyamperin sambil bawa kertas kecil, "Tulis emailmu di sini ya..". Lalu langsung saja aku tulis. Beberapa menit kemudian, ada email masuk, "Tak kasih Creative Brief nya, sekalian di buka alamat web (klien dan kompetitornya) buat referensi untuk bahan bikin slogan setelah dapet nama fixnya. Di 'underline' juga istilah-istilah yang keren sebagai amunisi untuk bahasa promosinya nanti. Have a great day :)." Senang bukan main, hari pertama langsung diberi kalimat seperti itu oleh pembimbing. Jadi, kita kontak-kontaknya lewat email, karena Mas Wibi di dalam, sedangkan aku dekat Pak Kamno di luar.

Tampak dari luar, ada beberapa orang yang datang, ternyata beliau adalah klien Syafa'at, beliau pemilik usaha kerajinan tangan yang kita bahas saat rapat. Beliau lalu masuk ke ruangan Pak Andika, tak lama kemudian Mas Arief, Account Executive Syafa'at, memberitahuku nama brand yang dipilih. Seperti pilihanku saat dimintai pendapat, meski aku menyebutkan yang lain karena pilihan itu dipilih temanku, 'sungkan' aja nanti dikiranya niru-niru pilihannya. hahaha. Ya ini nih yang nggak baik, jadi kalau mau belajar, buang ego kita jauh-jauh ya :)) #doain aku yang sedang belajar.

Setelah itu aku langsung buka Creative Brief dan alamat web yang disarankan Mas Wibi, aku underline juga kata-kata yang penting dalam Brief. Taraaa... setelah searching referensi, aku kepikiran tiga slogan :)) Segera aku cek di google, khawatirnya ada yang sama dengan yang aku buat, syukurlah aku tidak menemukan yang sama seperti yang ku buat. Setelah itu aku langsung kirim ke email Mas Wibi, agar diberi kritik dan saran. Aku nggak nyangka, responnya nyenyumin, bikin semangat belajar terus. "Wow! belum2 udah tersaingi aku hehehe, KEREN mbak brow, tengkyuh a lot." Nah lhoo.. padahal aku ingin diberi kritik malah dipuji, jadi jangan senang dulu, ini ujian biar nggak sombong. hehe. Terus Mas Wibi memberi saran agar membuat alternatif lagi yang berhubungan dengan kata memilih.

Aku searching-searching lagi, eeeh... mas Arief duduk di sebelahku, diajaklah aku mengobrol sampai sore, hahaha, Mas Arief ini suka sekali bercerita, dia ramah bin baik. Secara, dia kan AE. :DD Kata Mas Wibi, Mas Arief itu mujarab untuk refreshing. hehe. ada ada aja :DD Maka tugasku sampai situ dulu, kata Mas Wibi "Sementara pemanasan e ikuw dhisik, mene maneh ae sing liyane, tengkyuh". Haha magang di sini bakal sering 'Jowo'an, alias ngomong pakai bahasa Jawa :))

Sebelum pulang, Mas Husni nyamperin aku dan temanku, beliau minta alamat email, ternyata kita dikirimin Creative Brief untuk tanggal 2 September, alias BESOK ! Apa ya yang akan aku pelajari esok hari? Semoga menjadi ilmu yang manfaat, aamiin.

Nah, dari ceritaku di atas, ada tips buat teman-teman yang ingin aku bagi
1. Berani bicara (salam, sapa, apapun).
2. Kalau diajak ngobrol ya dijawab dengan baik, sok akrab aja, gapapa :DD
3. Jangan diam aja kayak gak punya dosa, hehe, maksudnya, banyak-banyaklah berinisiatif, lakukan apapun yang bisa dikerjakan untuk membantu menyelesaikan tugas pembimbingmu.
4. Banyak bertanya tentang hal-hal yang sesuai dengan tujuan magangmu
5. Doain otakku mumpuni, besok InsyaAllah aku share lagi, hehehe

Wassalam :)

You Might Also Like

1 komentar

  1. hehe, hobi nulis ya sekarang, lanjutin zia .. :* salam mesra (haha)

    ReplyDelete

Thank you for reading. What do you think about the article above?

Forum Lingkar Pena Sidoarjo

Friends

Community