Belajar Membuat Slogan (Tagline)

Saturday, September 13, 2014

Assalamu'alaikum :)

Postingan kali ini tentang belajar membuat slogan atau bisa juga disebut tagline. Sebelum kita belajar cara membuatnya, yuk kita cari tahu dulu, apa sih slogan itu?

Menurut Nur Tri Andini, Slogan biasa juga disebut baseline atau tagline. Slogan merupakan pernyataan positioning sebuah brand, ia merupakan kesimpulan dari apa yang ditawarkan oleh merk kepada konsumenya. Slogan adalah jiwa dari sebuah brand. Syarat terpenting dari sebuah slogan adalah mudah diingat. Fungsi slogan sangat penting karena merupakan pernyataan produk itu sendiri, dan akan selalu digunakan dalam setiap materi promosi, baik itu iklan TV, radio, brosur, billboard dll. (1)

Contoh slogan LG yaitu Life's Good, Apple dengan slogan Think Different, dan masih banyak lagi tentunya. Nah, lalu bagaimana cara menemukan slogan yang tepat untuk sebuah brand? Begini tips yang aku tahu..

1. Pelajari Filosofi
Ketika kita mempelajari filosofi baik sejarah perusahaan, nama perusahaan, produk yang dihasilkan, dan apapun yang berkaitan dengan brand, maka kita akan menemukan karakter yang sesuai untuk dijadikan kunci membuat slogan.

2. Tulis Kata Kunci
Mencatat semua kata yang berkaitan dengan karakter perusahaan adalah cara jitu menemukan slogan yang tepat.

3. Bermain Kata
Setelah tercatat semua kata kuncinya, permainan kata sangat membantu kita dalam menemukan slogan yang bisa menjawab brief. Ingat lho ya? harus bisa menjawab brief :)

4. Slogan Studies
Seorang copywriter biasanya membuat beberapa alternatif slogan, atau biasa disebut slogan studies, mungkin minimal lima. Ketika tim kreatif melakukan preview, biasanya akan dipilih dua atau tiga untuk dipresentasikan kepada klien.

5. Bukan Plagiat
Ketika kita sudah menemukan slogan yang menurut kita sesuai, jangan lupa untuk mengecek slogan buatan kita di internet. Bahaya kan kalau misal ada slogan yang sama dengan buatan kita? Nanti kita dikira melakukan plagiasi. Aduh, jangan sampai deh.

Kurang lebih seperti itu cara membuat slogan, semoga tulisan ini bermanfaat ya?

Wassalam

-----
(1) Nur Tri Andini, How To Become A Good Copywriter, hlm. 40.

You Might Also Like

0 komentar

Thank you for reading. What do you think about the article above?

Facebook

Friends

Community