Way Back Home

Film Way Back Home (2013) adalah sebuah film dari negara Korea Selatan yang berdasarkan pada kisah nyata. Film ini mengisahkan seorang ibu rumah tangga yang dipenjara selama dua tahun di Martinique karena tuduhan penyelundupan 30 Kg Kokain di Bandara Paris.

Alur Film

Jong Bae dan Jung Yeon adalah sepasang suami istri yang memiliki satu anak, mereka memiliki sebuah usaha bengkel kecil, namun masih belum mencukupi kebutuhan ekonomi keluarga mereka. Jong Bae menginvestasikan sebagian tabungannya kepada temannya untuk sebuah bisnis, namun teman Jong Bae bunuh diri sehingga hutangnya jatuh kepada Jong Bae. Karena terlilit hutang, Jong Bae sangat sedih dan mudah emosi. Hal ini membuat Jung Yeon, istrinya, membuat keputusan besar untuk bekerja kepada teman Jong Bae tanpa sepengetahuan suaminya.

Jung Yeon mendapat tugas untuk mengambil sebuah barang yang ia kira berlian legal dari Paris ke Seoul. Ketika Jung Yeon tiba di Airport kota Paris, ia ditangkap oleh polisi karena ditemukan 30 Kg Kokain di dalam tasnya. Ia kemudian dipenjara di Perancis dan mendapat perlakuan yang tidak adil di sana. Pihak kedutaan Korea di Perancis pun kurang peduli dan kurang bertanggung jawab dalam membantu Jung Yeon, warga negaranya, karena lebih mengutamakan kenyamanan posisi sebagai diplomat.

Jung Yeon kemudian dikirim ke Penjara di sebuah Pulau di Karibia. Dia dipenjara selama dua tahun tanpa diadili di pengadilan. Sedangkan suaminya di Korea berusaha dengan cara apapun untuk mengembalikan istrinya ke Korea, namun selalu dipersulit oleh birokrasi. Ketika ia hampir putus asa, ada seseorang yang menawarkan bantuan dengan menulis kisah yang menimpa keluarga Jong Bae. Sampai akhirnya Jong Bae menghampiri Jung Yeon di penjara selama beberapa hari, namun terpaksa kembali karena kehabisan biaya serta semakin tipisnya harapan untuk memulangkan sang istri.

Jong Bae tidak tahu harus berbuat apa lagi, akhirnya ia memanfaatkan internet untuk meminta dukungan kepada seluruh netizen dan membantunya memulangkan sang istri kembali ke Korea, sehingga Jung Yeon, istrinya, dapat berkumpul kembali dengannya dan sang anak. Informasi yang ditulis Jong Bae mengenai keadaannya menyentuh hati para netizen yang membaca tulisan tersebut, dan tersebar luar dengan sangat cepat berkat para netizen yang mengcopy-paste ke berbagai link.

Akhirnya, berkat informasi yang tersebat luas di internet, duta besar Korea di Perancis mengundurkan diri karena malu, dan bantuan untuk Jung Yeon datang dari berbagai pihak. Seorang pengacara handal yang berasal dari Amerika membantunya untuk mendapat keadilan hukum. Jung Yeon dinyatakan tidak bersalah karena memang ia tidak tahu bahwa barang yang ia bawa adalah Kokain, yang ia ketahui itu adalah barang legal, pun ia telah mendapat perlakuan tidak adil karena dipenjara selama dua tahun tanpa diadili di pengadilan. Akhirnya Jung Yeon dapat pulang ke Korea dan berkumpul kembali bersama suami dan anaknya.

Nilai Sosial

Media internet selain memiliki dampak negatif, pun memiliki banyak sisi positif yang dapat diambil dan dilakukan. Salah satunya ada dalam film ini. Kita dapat memanfaatkan media internet untuk meminta bantuan kepada para netizen atas suatu ketidak-adilan yang terjadi di sekitar kita. Selain itu kita dapat menguak kinerja para abdi negara yang tidak menjalankan tugasnya dengan baik, bukan untuk mengumbar aib, namun lebih kepada pengontrol kinerja, sehingga akan ada perbaikan di masa mendatang. Ketika kita melihat sesuatu dari sudut pandang positif, kita selalu bisa menggunakannya untuk hal yang positif. Internet jika kita lihat dari sisi positif, ia membawa banyak dampak positif kepada siapapun. Seperti dalam Film ‘Way Back Home’ ini.

No comments:

Thank you for reading. What do you think about the article above?