Hadis Mengenai Ayat Sajdah

Entah tekat apa yang membuat saya ingin sekali membeli Al-Qur’an Kecil yang memiliki terjemah dan tafsirnya. Alhamdulillah, keturutan di tahun 2013 lalu. Membacanya membuat damai, apalagi jika tepat pada ayat sajdah. Membacanya dengan hati membuat malu dan terenyuh. Ada catatan kakinya di kolom bawah Al-Qur’an tersebut. Seperti ini…

Rasulullah Saw. bersabda, “Apabila anak Adam membaca ayat sajdah, maka kaburlah setan sambil menangis. Dia berkata, “Aduh celaka aku. Allah menyuruhnya bersujud, kemudian dia bersujud sehingga dia mendapat surga. Aku disuruh bersujud, namun aku membangkang, maka bagiku neraka.” (HR. muslim)

Dari Ibnu Umar r.a, beliau berkata, “Ketika Nabi Saw. membacakan untuk kami satu surah dalam Al-Qur’an yang terdapat ayat sajdahnya, maka beliau bersujud. Kami pun bersujud sehingga ada di antara kami yang tidak kebagian tempat meletakkan keningnya (untuk sujud).” (HR. Bukhari)

Kawan, sudah membaca Al-Qur’an hari ini?
Jangan lupa jika bertemu ayat sajdah, seusai membacanya mari kita bersujud dengan membaca bacaan sujud tilawah. Semoga kita termasuk yang mendapat surga Allah, aamiin yaa rabbal alamiin.

No comments:

Thank you for reading. What do you think about the article above?